Kamis, 25 Februari 2010

Konsul Jepang Adakan Nihon Bunkasai

PEKANBARU (RP) - Budaya Jepang saat ini sangat digandrungi kaum muda di Indonesia, begitu juga di Riau. Mulai dari harajuku hingga komik manga. Namun kini masyarakat Riau berkesempatan menyaksikan secara langsung bagaimana Budaya Jepang.
Festival Nihon Bunkasai, hari ini digelar untuk memperkenalkan kebudayaan tradisional Jepang kepada masyarakat Riau.

Kegiatan yang ditaja konsulat jendral (Konjen) Jepang yang berkantor di Medan ini, bekerja sama dengan prodi Bahasa dan Sastra Jepang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau besama Japan Student Service Organization (JASSO). Hal ini dikemukakan oleh Konsul Muda Bagian Humas Konjen Jepang, Aya Kumakura saat bertemu dengan Pemimpin Redaksi Riau Pos, Raja Isyam Azwar, Selasa (22/1) malam di Ibis Hotel.

Festival Nihon Bunkasai dilaksanakan di kampus FKIP Unri mulai 23-25 Februari 2010, dengan menampilkan, pameran masakan Jepang, ceramah pendidikan, pameran pendidikan, lomba model serta fotografi miss yukata 2010, origami, lomba menulis hiragana, cerdas cermat, singing contest, demo upacara minum teh, lomba menggambar manga (komik Jepang), dan cosplay.

‘’Kita ingin memperkenalkan kebudayaan Jepang ke masyarakat Riau. Dengan pameran yang terbuka untuk umum ini, selain bisa menyaksikan langsung bagaimana kebudayaan Jepang itu, pengunjung juga bisa memperagakan berbagai adat Jepang, bahkan kita akan mempresentasikan bagaimana upacara minum teh di Jepang itu dilakukan,’’ terangnya.

Kebudayaan Jepang di Riau, katanya, mendapatkan tempat di masyarakat. Selain itu, pelajar maupun mahasiswa yang belajar sastra Jepang sudah meningkat. Selain pameran tradisional, ke depan Konjen Jepang juga kemungkinan besar akan memberikan beasiswa kepada akademisi untuk belajar ke Jepang.

source riaupos

0 Comments:

Posting Komentar

Hey you! Could you leave some words before leaving? Thanks :)

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Popular Post