Rabu, 30 Desember 2009

Asal Usul Santa Claus

Setelah membahas tentang Asal- usul Pohon Natal, berikutnya akan membahas tentang Santa Claus.

Semarak Perayaan menjelang Natal sudah mulai dirasakan ketika kita memasuki bulan Desember. Bahkan diluar negeri seperti Negara-negara Eropa dan Amerika hampir tiap harinya diselenggarakan lomba-lomba menyambut hari Natal. Contohnya di Amerika yang dimulai dengan parade thanksgiving dan Natal yang diselenggarakan oleh salah satu pusat perbelanjaan terbesar di New York, Lomba lari sambil membawa Christmas pudding di London, dan kemaren di kota Dresden, German diadakan pembuatan kue natal terbesar yang harus digiring ke tengah kota dengan menggunakan kereta unik khas Natal. Di Indonesia sendiri khususnya di Jakarta, hal ini juga sudah mulai dapat kita rasakan, hal ini terbukti dengan berbagai hiasan atau ornament Natal dan tema-tema Natal tertentu yang diusung beberapa Mall ternama di Jakarta. Gak kalah dengan Kue Natal terbesar di Kota Dresden, Germany, Di Senayan City Jakarta juga ditampilkan Kue Pohon Natal raksasa yang dibuat oleh Ibu Nilla Sari dengan Tingginya yang mencapai 33 Meter. Dengan Menghasbiska 1 ton gula halus dan 1 ton lebih tepung beras rose brand. Katanya juga nih persiapan membuat kue pohon Natal ini sudah dipersiapkan dari dua bulan yang lalu. Terus konsep animatronics dengan tema Winter Wonderland yang diadakan di Mal Taman Anggrek, Magical Christmas di Pacific Place dengan Ujan Saljunya…wow membuat hari-hari menjelang Natal semakin berasa serunya. Tapi ada salah satu sosok yang tidak pernah terlepas dari perayaan Natal. Sosok berbaju merah yang disenangi anak-anak, berjanggut putih, membawa sekantung hadiah dengan kereta rusa kutubnya. Siapa lagi kalau bukan Santa Claus. Gue juga gak tahu secara jelas kapan kegiatan si sosok baju merah dengan sekantung hadiah ini dimulai. Tapi hal semacam ini sudah menjadi tradisi di musim Natal. Santa Claus juga memilik banyak versi asal usulnya mungkin dipengaruhi juga sama budaya setempat dimana tradisi itu diterima dalam suatu kelompok masyarakat dan Kali ini Gue akan bahas sedikit tentang si Santa Claus.

ORIGIN

Santa Claus juga dikenal dengan nama lain St. Nicholas, Father Christmas, Kris Kringle, Sinterklass, or simply “Santa”. Konon tokoh Santa Claus ini berasal dari satu sosok pemuda yang baik hati dan kaya raya yang memperhatikan orang-orang miskin. Dialah St. Nicholas dari Myra. Menjadi Bishop di Lycia, sebuah propinsi dari Byzantine Anatolia (sekarang Turki). St. Nicholas sangat etrkenal dengan kebaikan hatinya dan pemberian hadiah pada fakir miskin. St. Nicholas ini pada suatu ketika mendapat warisan orang tuanya yang sangat banyak. Kemudian dia mendengar berita kalau ada sebuah keluarga yang terdiri dari seorang bapak dan ketiga putrinya, hidup menderita dibawah garis kemiskinan. Bahkan untuk mas kawin putrinya saja bapaknya tak sanggup memenuhinya. Salah satu jalan agar ketiga anak putrinya bisa menikah dengan jalan mereka harus melakukan kegiatan prostitusi supaya bisa mendapatkan banyak uang untuk melangsungkan pernikahan. Hal ini terdengar sampai ke telinga St. Nicholas akhirnya dia memberi keluarga itu sekantung uang emas, dan ketiga putri dari bapak yang malang itu akhirnya bisa menikah dan tidak perlu melacur. Tanggal 6 Desember juga dikenal sebagai hari untuk memperingati St. Nicholas. Mungkin karena kemurahan Hatinya dalam membagi-bagikan hadiah itulah yang diadopsi dalam berbagai kultur budaya dalam permulaan cerita Santa Claus ini.

TRADISI ALPIN

“Krampus” yang dikenal sebagai kelompok dari St. Nicholas yaitu para pemuda yang mengenakan baju krampus selama 2 minggu pertama bulan desember terutama pada tanggal 5 desember mereka turun ke jalan-jalan dan mengagetkan anak-anak dan orang dewasa dengan gemerincing dan suara lonceng.

TRADISI BELANDA

Kalau di Belanda dan Belgia, Santa Claus dikenal dengan nama Sinterklaas atau Saint Nicholas. Tapi juga kadang dipanggil dengan sebutan “De Goede Sint” – The Friendly Saint” yang dalam pekerjaannya dalam membagi-bagikan hadiah Natal dibantu oleh Zwarte Piet (Black Pieter) atau Pit Hitam dalam Bahasa Indonesia.

HOME OF SANTA CLAUS

Dalam tradisi keluarga orang Amerika, mereka percaya bahwa Santa Claus tinggal di Kutub Utara. Sedangkan bagi orang Denmark, Santa Claus tinggal di Greenland. Dan pada akhirnya ada sebuah kota yang bernama Rovaniemi di Finlandia yang diyakini sebagai tempat tinggal Santa Claus yang dikenal dengan Santa Claus Village atau Desa Santa.

NAMA SANTA CLAUS

Europe and North America

Austria : Christkind (Christ Child)

Bulgaria : Grandfather Christmas

Canada : Santa Claus, Pere Noel

Denmark : Julemanden

Finlandia : Joulupukki

Perancis : Pere Noel

Germany : Weihnachtsmann ("Christmas Man"); Christkind in southern Germany.

Greece : Saint Basil

Hongaria : Mikulas

Irlandia : Santa Claus, Daidi na Nollag (Father Christmas)

Italia : Babbo Natale

Lithuania : Sanis Saltis (Old Man Frost)

Netherland : Kerstman, Sinterklaas

Portugal : Pai Natal

Rumania : Mos Niculae (Father Nicholas)

Rusia : Ded Moroz

Spanyol : Reyes Magos

Swedia : Jultomten

Swiss : Babbo Natale, Christkind, Pere Noel

Turkey : Noel Babba

UK : Santa Claus, Santa, Father Christmas

USA : Santa Claus, Kris Kringle, Saint Nicholas, St. Nick

Wales : Sion Corn

America Latin

Brazil : Papai Noel

Chile : Viejito Pascuero

Mexico : Santo Clos, Nino Dios

Kolombia : Papa Noel

Africa dan Timur Tengah

Afrika selatan : Sinterklaas, Santa Claus, Father Christmas

Mesir : Papa Noel

Asia

Asia : Santa Claus

Japan : Santakurosu

Hongkong : Sing daan lou jan, Santa Claus, Father Christmas, Saint Nicholas

China : shèngdànlǎorén

Indonesia : Sinterklaas, Santa Claus

Singapore : Santa Claus

East Timor : Pai Natal

Santa Claus digambarkan sebagai seorang yang gendut, riang gembira dengan memakai baju dan celana panjang merah, sarung tangan putih, dengan ikat pinggang kulit hitam dan sepatu boot, dengan sekarung hadiah natal bagi anak-anak. Orang Amerika mempercayai bahwa Santa Claus tinggal jauh di kutub utara (bayangin aja kalo esnya mencair gara2 global warming, santa pindah kemana yah? Hehehe…) dan Dia mempunyai seorang istri yang bernama Mrs. Claus. Dia yang membuat list nama anak-anak penerima kado natal diseluruh dunia sesuai dengan kelakuan mereka masing-masing. Santa Claus mengirim hadiah termasuk mainan anak-anak dan permen dan hadiah-hadiah lain kepada semua anak-anak yang baik diseluruh dunia, Atau kadang-kadang Santa Claus memberi Batu bara atau Tongkat bagi anak-anak yang nakal. Hal ini dilakukan dalam satu malam. Dia dibantu oleh Magical Elves atau Peri-peri Ajaib yang membantunya membuat mainan, dan sembilan rusa terbang untuk menarik kereta Santa.

So, be jolly guys and be blessed through this season….!

MERY CHRISTMAS AND A HAPPY BLESSED NEW YEAR..!

By Val James

Asal Mula Pohon Natal

Walaupun saya seorang muslim, tapi libur natal merupakan hari yang saya tunggu2. baik karena liburannya, film, dll. pohon natal yang muncul sebagai icon nya pun sering membuat saya penasaran untuk mengetahui asal - usulnya. berikut saya kutip dari sumber




Kisah Pohon Natal merupakan bagian dari riwayat hidup St. Bonifasius, yang nama aslinya adalah Winfrid. St. Bonifasius dilahirkan sekitar tahun 680 di Devonshire, Inggris. Pada usia lima tahun, ia ingin menjadi seorang biarawan; ia masuk sekolah biara dekat Exeter dua tahun kemudian. Pada usia empatbelas tahun, ia masuk biara di Nursling dalam wilayah Keuskupan Winchester. St. Bonifasius seorang yang giat belajar, murid abas biara yang berpengetahuan luas, Winbert. Kelak, Bonifasius menjadi pimpinan sekolah tersebut.
Pada waktu itu, sebagian besar penduduk Eropa utara dan tengah masih belum mendengar tentang Kabar Gembira. St. Bonifasius memutuskan untuk menjadi seorang misionaris bagi mereka. Setelah satu perjuangan singkat, ia mohon persetujuan resmi dari Paus St. Gregorius II. Bapa Suci menugaskannya untuk mewartakan Injil kepada orang-orang Jerman. (Juga pada waktu itu St. Bonifasius mengubah namanya dari Winfrid menjadi Bonifasius). St. Bonifasius menjelajah Jerman melalui pegunungan Alpen hingga ke Bavaria dan kemudian ke Hesse dan Thuringia. Pada tahun 722, paus mentahbiskan St. Bonifasius sebagai uskup dengan wewenang meliputi seluruh Jerman. Ia tahu bahwa tantangannya yang terbesar adalah melenyapkan takhayul kafir yang menghambat diterimanya Injil dan bertobatnya penduduk. Dikenal sebagai “Rasul Jerman”, St. Bonifasius terus mewartakan Injil hingga ia wafat sebagai martir pada tahun 754. Marilah kita memulai cerita kita tentang Pohon Natal.
Dengan rombongan pengikutnya yang setia, St. Bonifasius sedang melintasi hutan dengan menyusuri suatu jalan setapak Romawi kuno pada suatu Malam Natal. Salju menyelimuti permukaan tanah dan menghapus jejak-jejak kaki mereka. Mereka dapat melihat napas mereka dalam udara yang dingin menggigit. Meskipun beberapa di antara mereka mengusulkan agar mereka segera berkemah malam itu, St. Bonifasius mendorong mereka untuk terus maju dengan berkata, “Ayo, saudara-saudara, majulah sedikit lagi. Sinar rembulan menerangi kita sekarang ini dan jalan setapak enak dilalui. Aku tahu bahwa kalian capai; dan hatiku sendiri pun rindu akan kampung halaman di Inggris, di mana orang-orang yang aku kasihi sedang merayakan Malam Natal. Oh, andai saja aku dapat melarikan diri dari lautan Jerman yang liar dan berbadai ganas ini ke dalam pelukan tanah airku yang aman dan damai! Tetapi, kita punya tugas yang harus kita lakukan sebelum kita berpesta malam ini. Sebab sekarang inilah Malam Natal, dan orang-orang kafir di hutan ini sedang berkumpul dekat pohon Oak Geismar untuk memuja dewa mereka, Thor; hal-hal serta perbuatan-perbuatan aneh akan terjadi di sana, yang menjadikan jiwa mereka hitam. Tetapi, kita diutus untuk menerangi kegelapan mereka; kita akan mengajarkan kepada saudara-saudara kita itu untuk merayakan Natal bersama kita karena mereka belum mengenalnya. Ayo, maju terus, dalam nama Tuhan!”
Mereka pun terus melangkah maju dengan dikobarkan kata-kata semangat St. Bonifasius. Sejenak kemudian, jalan mengarah ke daerah terbuka. Mereka melihat rumah-rumah, namun tampak gelap dan kosong. Tak seorang pun kelihatan. Hanya suara gonggongan anjing dan ringkikan kuda sesekali memecah keheningan. Mereka berjalan terus dan tiba di suatu tanah lapang di tengah hutan, dan di sana tampaklah pohon Oak Kilat Geismar yang keramat. “Di sini,” St. Bonifasius berseru sembari mengacungkan tongkat uskup berlambang salib di atasnya, “di sinilah pohon oak Kilat; dan di sinilah salib Kistus akan mematahkan palu sang dewa kafir Thor.”
Di depan pohon oak itu ada api unggun yang sangat besar. Percikan-percikan apinya menari-nari di udara. Warga desa mengelilingi api unggun menghadap ke pohon keramat. St. Bonifasius menyela pertemuan mereka, “Salam, wahai putera-putera hutan! Seorang asing mohon kehangatan api unggunmu di malam yang dingin.” Sementara St. Bonifasius dan para pengikutnya mendekati api unggun, mata orang-orang desa menatap orang-orang asing ini. St. Bonifasius melanjutkan, “Aku saudaramu, saudara bangsa German, berasal dari Wessex, di seberang laut. Aku datang untuk menyampaikan salam dari negeriku, dan menyampaikan pesan dari Bapa-Semua, yang aku layani.”
Hunrad, pendeta tua dewa Thor, menyambut St. Bonifasius beserta para pengikutnya. Hunrad kemudian berkata kepada mereka, “Berdirilah di sini, saudara-saudara, dan lihatlah apa yang membuat dewa-dewa mengumpulkan kita di sini! Malam ini adalah malam kematian dewa matahari, Baldur yang Menawan, yang dikasihi para dewa dan manusia. Malam ini adalah malam kegelapan dan kekuasaan musim dingin, malam kurban dan kengerian besar. Malam ini Thor yang agung, dewa kilat dan perang, kepada siapa pohon oak ini dikeramatkan, sedang berduka karena kematian Baldur, dan ia marah kepada orang-orang ini sebab mereka telah melalaikan pemujaan kepadanya. Telah lama berlalu sejak sesaji dipersembahkan di atas altarnya, telah lama sejak akar-akar pohonnya yang keramat disiram dengan darah. Sebab itu daun-daunnya layu sebelum waktunya dan dahan-dahannya meranggas hingga hampir mati. Sebab itu, bangsa-bangsa Slav dan Saxon telah mengalahkan kita dalam pertempuran. Sebab itu, panenan telah gagal, dan gerombolan serigala memporak-porandakan kawanan ternak, kekuatan telah menjauhi busur panah, gagang-gagang tombak menjadi patah, dan babi hutan membinasakan pemburu. Sebab itu, wabah telah menyebar di rumah-rumah tinggal kalian, dan jumlah mereka yang tewas jauh lebih banyak daripada mereka yang hidup di seluruh dusun-dusunmu. Jawablah aku, hai kalian, tidakkah apa yang kukatakan ini benar?” Orang banyak menggumamkan persetujuan mereka dan mereka mulai memanjatkan puji-pujian kepada Thor.
Ketika suara-suara itu telah reda, Hunrad mengumumkan, “Tak satu pun dari hal-hal ini yang menyenangkan dewa. Semakin berharga persembahan yang akan menghapuskan dosa-dosa kalian, semakin berharga embun merah yang akan memberi hidup baru bagi pohon darah yang keramat ini. Thor menghendaki persembahan kalian yang paling berharga dan mulia.”
Dengan itu, Hunrad menghampiri anak-anak, yang dikelompokkan tersendiri di sekeliling api unggun. Ia memilih seorang anak laki-laki yang paling elok, Asulf, putera Duke Alvold dan isterinya, Thekla, lalu memaklumkan bahwa anak itu akan dikurbankan untuk pergi ke Valhalla guna menyampaikan pesan rakyat kepada Thor. Orang tua Asulf terguncang hebat. Tetapi, tak seorang pun berani berbicara.
Hunrad menggiring anak itu ke sebuah altar batu yang besar antara pohon oak dan api unggun. Ia mengenakan penutup mata pada anak itu dan menyuruhnya berlutut dan meletakkan kepalanya di atas altar batu. Orang-orang bergerak mendekat, dan St. Bonifasius menempatkan dirinya dekat sang pendeta. Hunrad kemudian mengangkat tinggi-tinggi palu dewa Thor keramat miliknya yang terbuat dari batu hitam, siap meremukkan batok kepala Asulf yang kecil dengannya. Sementara palu dihujamkan, St. Bonifasius menangkis palu itu dengan tongkat uskupnya sehingga palu terlepas dari tangan Hunrad dan patah menjadi dua saat menghantam altar batu. Suara decak kagum dan sukacita membahana di udara. Thekla lari menjemput puteranya yang telah diselamatkan dari kurban berdarah itu lalu memeluknya erat-erat.
St. Bonifasius, dengan wajahnya bersinar, berbicara kepada orang banyak, “Dengarlah, wahai putera-putera hutan! Tidak akan ada darah mengalir malam ini. Sebab, malam ini adalah malam kelahiran Kristus, Putera Bapa Semua, Juruselamat umat manusia. Ia lebih elok dari Baldur yang Menawan, lebih agung dari Odin yang Bijaksana, lebih berbelas kasihan dari Freya yang Baik. Sebab Ia datang, kurban disudahi. Thor, si Gelap, yang kepadanya kalian berseru dengan sia-sia, sudah mati. Jauh dalam bayang-bayang Niffelheim ia telah hilang untuk selama-lamanya. Dan sekarang, pada malam Kristus ini, kalian akan memulai hidup baru. Pohon darah ini tidak akan menghantui tanah kalian lagi. Dalam nama Tuhan, aku akan memusnahkannya.” St. Bonifasius kemudian mengeluarkan kapaknya yang lebar dan mulai menebas pohon. Tiba-tiba terasa suatu hembusan angin yang dahsyat dan pohon itu tumbang dengan akar-akarnya tercabut dari tanah dan terbelah menjadi empat bagian.
Di balik pohon oak raksasa itu, berdirilah sebatang pohon cemara muda, bagaikan puncak menara gereja yang menunjuk ke surga. St. Bonifasius kembali berbicara kepada warga desa, “Pohon kecil ini, pohon muda hutan, akan menjadi pohon kudus kalian mulai malam ini. Pohon ini adalah pohon damai, sebab rumah-rumah kalian dibangun dari kayu cemara. Pohon ini adalah lambang kehidupan abadi, sebab daun-daunnya senantiasa hijau. Lihatlah, bagaimana daun-daun itu menunjuk ke langit, ke surga. Biarlah pohon ini dinamakan pohon kanak-kanak Yesus; berkumpullah di sekelilingnya, bukan di tengah hutan yang liar, melainkan dalam rumah kalian sendiri; di sana ia akan dibanjiri, bukan oleh persembahan darah yang tercurah, melainkan persembahan-persembahan cinta dan kasih.”
Maka, mereka mengambil pohon cemara itu dan membawanya ke desa. Duke Alvold menempatkan pohon di tengah-tengah rumahnya yang besar. Mereka memasang lilin-lilin di dahan-dahannya, dan pohon itu tampak bagaikan dipenuhi bintang-bintang. Lalu, St. Bonifasius, dengan Hundrad duduk di bawah kakinya, menceritakan kisah Betlehem, Bayi Yesus di palungan, para gembala, dan para malaikat. Semuanya mendengarkan dengan takjub. Si kecil Asulf, duduk di pangkuan ibunya, berkata, “Mama, dengarlah, aku mendengar para malaikat itu bernyanyi dari balik pohon.” Sebagian orang percaya apa yang dikatakannya benar; sebagian lainnya mengatakan bahwa itulah suara nyanyian yang dimadahkan oleh para pengikut St. Bonifasius, “Kemuliaan bagi Allah di tempat mahatinggi, dan damai di bumi; rahmat dan berkat mengalir dari surga kepada manusia mulai dari sekarang sampai selama-lamanya.”
Sementara kita berkumpul di sekeliling Pohon Natal kita, kiranya kita mengucap syukur atas karunia iman, senantiasa menyimpan kisah kelahiran Sang Juruselamat dalam hati kita, dan menyimak nyanyian pujian para malailat. Kepada segenap pembaca, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Natal yang penuh berkat dan sukacita!

CHEAT GTA SAN ANDREAS

ATV

Kiri, Kiri, Down, Down, Up, Up, kotak, bulat, segitiga, R1, R2.

Tambah Darah, Senjata dan Dapatkan Uang Tunai

R1, R2, L1, X, Kiri, Bawah, Kanan, Atas, Kiri, Bawah, Kanan, Atas

Mobil terbang

atas, bawah, L1, R1, L1, Kanan, Kiri, L1, Kiri.

Mobil Dozer

R2, L1, L1, Kanan, Kanan, atas, atas, X, L1, Kiri.

Mobil jenazah

L1, L2, L2, atas, bawah, bawah, atas, R1, R2, R2.

Loncat 100kaki

segitiga, kotak, bulat, bulat, kotak, bulat, bulat, L1, L2, L2, R1, R2

Jetpack

L1, L2, R1, R2, atas, bawah, Kiri, Kanan, L1, L2, R1, R2, atas, bawah, Kiri, Kanan
atau
Kiri, kanan, L1, L2, R1, R2, atas, bawah, Kiri, Kanan, Kiri

Magnet Pelacur

kotak, kanan, kotak, kotak, L2, X, segitiga, X, segitiga

Lalu Lintas hitam

bulat, L2, atas, R1, Kiri, X, R1, L1, Kiri, bulat

Lalu Lintas pink

bulat, L1, bawah, L2, Kiri, X, R1, L1, kanan, bulat

Hookers membayar Anda

Kanan, L2, L2, bawah, L2, atas, atas, L2, R2

Max otot

segitiga, atas, atas, kiri, kanan, kotak, bulat, kiri

Max lemak

segitiga, atas, atas, kiri, kanan, kotak, bulat, bawah

Merekrut siapa saja (9mm)

Bawah, kotak, atas, R2, R2, atas, kanan, kanan, atas

Tidak berotot atau berlemak

segitiga, atas, atas, kiri, kanan, kotak, bulat, kanan

Status senjata max

Bawah, kotak, X, Kiri, R1, R2, Kiri, Bawah, Bawah, L1, L1, L1

Max Respect

L1, R1, segitiga, bawah, R2, X, L1, atas, L2, L2, L1, L1

Status kendaraan max

kotak, L2, X, R1, L2, L2, Kiri, R1, Kanan, L1, L1, L1

Max Sex Appeal

bulat, segitiga, segitiga, atas, bulat, R1, L2, atas, segitiga, L1, L1, L1

Membuka Hotring Racer 1

R1, bulat, R2, Kanan, L1, L2, X, X, kotak, R1

Merekrut siapa saja (Rockets)

R2, R2, R2, X, L2, L1, R2, L1, Bawah, X

Pejalan kaki menyerang anda

bawah, atas, atas, atas, X, R2, R1, L2, L2

Pejalan kaki menyerang anda dengan senjata

X, L1, atas, kotak, bawah, X, L2, segitiga, bawah, R1, L1, L1

Pejalan kaki membuat rusuh

Bawah, Kiri, Atas, Kiri, X, R2, R1, L2, L1

Pejalan kaki Memiliki Senjata

R2, R1, X, segitiga, X, segitiga, atas, bawah

Kacaubalau

L2, Kanan, L1, segitiga, Kanan, Kanan, R1, L1, Kanan, L1, L1, L1

Pesta pantai

atas,atas,bawah, bawah, kotak, bulat, L1, R1, Segitiga, bawah

Kesenangan

segitiga, segitiga, L1, kotak, kotak, bulat, kotak, bawah, bulat

Membuka Rhino

bulat, bulat, L1, bulat, bulat, bulat, L1, L2, R1, segitiga, bulat, segitiga

Sh * t Mobil

L2, Kanan, L1,atas X, L1, L2, R2, R1, L1, L1, L1

Tema Negara

Kiri, Kanan, Kanan, Bawah, Kiri, R1, R2, Square, L1, L2, L1, L1

Tema ninja

X, X,bawah, R2, L2, bulat, R1, bulat, kotak

pejalan kaki elvis

L1, bulat, segitiga, L1, L1, kotak, L2,atas bawah kiri

Gang Members dimana saja

Kiri, Kanan, Kanan, Kanan, Kiri, X,bawah,atas kotak, kanan

Peraturan gang dijalanan

L2,atas R1, R1, Kiri, R1, R1, R2, Kanan, Bawah

Mempercepat waktu

bulat, bulat, L1, kotak, L1, kotak, kotak, kotak, L1, segitiga, bulat, segitiga

Waktu berhenti pada 21.00

Kiri, Kiri, L2, R1, Right, kotak, kotak, L1, L2, X Kabut R2, X, L1, L1, L2, L2, L2, X Badai R2, X, L1, L1, L2, L2, L2, bulat

Malam

R2, X, L1, L1, L2, L2, L2, segitiga

Sore

R2, X, L1, L1, L2, L2, L2, Bawah

Pagi

R2, X, L1, L1, L2, L2, L2, kotak

Membuka Truk raksasa

kanan,atas R1, R1, R1,bawah, segitiga,segitiga, X, bulat, L1, L1

Pesawat Jet

segitiga, segitiga, kotak, bulat, X, L1, L1, bawah atas

Membuka Pesawat Stunt

bulat,atas L1, L2,bawah, R1, L1, L1, Kiri, Kiri, X, segitiga

Membuka Vortex kapal berbantalan udara segitiga, segitiga, kotak, bulat, X, L1, L2, Bawah,

Bawah

Pukulan super

Atas, Kiri, X, segitiga, R1, bulat, bulat, bulat, L2

Tidak pernah lapar

kotak, L2, R1, segitiga,atas kotak, L2, atas, X

Amunisi tak terbatas

L1, R1, kotak, R1, Kiri, R2, R1, Kiri, kotak,bawah, L1, L1

Darah tak terbatas

Bawah, X, Kanan, Kiri, Kanan, R1, kanan,bawah,atas segitiga

Oksigen tak terbatas

Bawah, Kiri, L1,bawah,bawah, R2,bawah, L2, Bawah

Bintang 6

bulat,kanan, bulat, kanan, kiri, kotak, X, Bawah

Menghilangkan bintang

bulat, kanan, bulat, kanan, kiri, kotak, segitiga,atas

Merendahkan bintang

R1, R1, bulat, R2,atas bawah atas bawah atas bawah

Meningkatkan bintang

R1, R1, bulat, R2, Kiri, Kanan, Kiri, Kanan, Kiri, Kanan

Dapatkan Semua Senjata 3 (Chainsaw, Silenced Pi)

R1, R2, L1, R2, Kiri, Bawah, Kanan, Atas, Kiri, Bawah, Bawah, Bawah

Dapatkan Semua Senjata 2 (Knife, pistol, Sawnof)

R1, R2, L1, R2, Kiri, Bawah, Kanan, Atas, Kiri, Bawah, Bawah, Kiri

Dapatkan Semua Senjata 1 (Bat, pistol, Shotgun),

R1, R2, L1, R2, Kiri, Bawah, Kanan, Atas, Kiri, Bawah, Kanan, Atas

Bunuh diri

Kanan, L2,bawah, R1, Kiri, Kiri, R1, L1, L2, L1

Badai

X,bawah,atas R2,bawah, segitiga, L1, segitiga, Kiri

Membuka Hunter

bulat, X, L1, bulat, bulat, L1, bulat, R1, R2, L2, L1, L1

Membuka caddy

bulat, L1,atas R1, L2, X, R1, L1, bulat, X

Membuka mobil sampah

bulat, R1, bulat, R1, Kiri, Kiri, R1, L1, bulat, kanan

Membuka Stretch

R2, atasL2, Kiri, Kiri, R1, L1, bulat, kanan

Membuka Romero

bawah R2,bawah, R1, L2, Kiri, R1, L1, Kiri, Kanan

Membuka Hotring Racer # 2

R2, L1, bulat, kanan, L1, R1, kanan,ats, bulat, R2

Mobil polisi

Atas, Kanan, Kanan, L1, kanan,ats, kotak, L2

Membuka Bloodring Banger

Bawah, R1, bulat, L2, L2, X, R1, L1, Kiri, Kiri

Selalu Malam

kotak, L1, R1, Kanan, X,atas L1, Kiri, Kiri

Mode lambat

kotak, atas, kanan, bawah, kotak, R2, R1

Mode adrenalin

X, X, kotak, R1, L1, X, Bawah, Kiri, X

Bergerak cepat

segitiga, atas, kanan, bawah, L2, L1, kotak

Semua Mobil lambat

R2, L2, R1, L1, L2, R2, kotak, segitiga, bulat, segitiga, L2, L1

Berkendara di Air

Kanan, R2, bulat, R1, L2, kotak, R1, R2

Mobil cepat

Kanan, R1, Up, L2, L2, Kiri, R1, L1, R1, R1

kapal dodo

R2, bulat, Up, L1, Kanan, R1, kanan, Up, kotak, segitiga

Taksi nitro

Atas, X, Segitiga, X, Segitiga, X, Kotak, R2, Kanan

Membidik saat Mengemudi

Atas, Atas, Kotak, L2, Kanan, X, R1, Bawah, R2, Bulat

Peningkatan Penanganan

Segitiga, R1, R1, Kiri, R1, L1, R2, L1

Lalu Lintas agresif

R2, bulat, R1, L2, Kiri, R1, L1, R2, L2

Selalu lampu hijau

Kanan, R1, Up, L2, L2, Kiri, R1, L1, R1, R1

Lalu lintas berkurang

X, bawah, atas, R2, bawah, segitiga, L1, segitiga, Kiri

Mobil berjalan cepat

atas, L1, R1, Atas, Kanan, Atas, X, L2, X, L1

Kendaraan milik Negara

L1, L1, R1, R1, L2, L1, R2, Bawah, Kiri, Atas

Kendaraan tidak terlihat

segitiga, L1, segitiga, R2, kotak, L1, L1


Dua senjata
bawah, kotak, X, kiri, R1, R2, kiri, bawah, bawah, L1, L1, L1

Suasana pantai
atas, atas, bawah, bawah, kotak, bulat, L1, R1, segitiga, bawah
Badut
segitiga, segitiga, L1, kotak, kotak, bulat, kotak, bawah, bulat

Yakuza
X, X, bawah, R2, L2, bulat, R1, bulat, kotak
Nascar 1
bawah, R1, bulat, L2, L2, X, R1, L1, kiri, kiri
Nascar 2
R1, bulat, R2, kanan, L1, L2, X, X, kotak, R1
Nascar 3
R2, L1, bulat, kanan, L1, R1, kanan, atas, bulat, R2
Mobil golf
bulat, L1, atas, R1, L2, X, R1, L1, bulat, X

Mobil orang kaya
R2, atas, L2, kiri, kiri, R1, L1, bulat, kanan
Tanker
R1, atas, kiri, kanan, R2, atas, kanan, kotak, kanan, L2, L1, L1
Mobil romero
bawah, R2, bawah, R1, L2, kiri, R1, L1, kiri, kanan
Truk sampah
bulat, R1, bulat, R1, kiri, kiri, R1, L1, bulat, kanan

Boat amphibi
segitiga, segitiga, kotak, bulat, X, L1, L2, bawah, bawah
Mobil monster
kanan, atas, R1, R1, R1, bawah, segitiga, segitiga, X, bulat, L1, L1

Helikopter tempur
bulat, X, L1, bulat, bulat, L1, bulat, R1, R2, L2, L1, L1
Parasut
kiri, kanan, L1, L2, R1, R2, R2, atas, bawah, kanan, L1
Semua mobil berwarna hitam
bulat, L2, atas, R1, kiri, X, R1, L1, kiri, bulat
Semua mobil berwarna pink
bulat, L1, bawah, L2, kiri, X, R1, L1, kanan, bulat
Semua mobil jadi jelek
L2, kanan, L1, atas, X, L1, L2, R2, R1, L1, L1, L1
Semua mobil jadi mewah
kanan, R1, atas, L2, L2, kiri, R1, L1, R1, R1
Semua mobil desa
L1, L1, R1, R1, L2, L1, R2, bawah, kiri, atas
Semua mobil transparan
segitiga, L1, segitiga, R2, kotak, L1, L1
Semua kendaraan hancur
R2, L2, R1, L1, L2, R2, kotak, segitiga, bulat, segitiga, L2, L1
Nos
kiri, segitiga, R1, L1, atas, kotak, segitiga, bawah, bulat, L2, L1, L1
Mobil melambung
kotak, R2, bawah, bawah, kiri, bawah, kiri, kiri, L2, X
Boat terbang
R2, bulat, atas, L1, kanan, R1, kanan, atas, kotak, segitiga
Sepeda lompat tinggi
segitiga, kotak, bulat, bulat, kotak, bulat, bulat, L1, L2, L2, R1, R2

Kunci polisi
bulat, kanan, bulat, kanan, kiri, kotak, segitiga, atas
Pengemudi agresif
kanan, R2, atas, atas, R2, bulat, kotak, R2, L1, kanan, bawah, L1
Trafik agresif
R2, bulat, R1, L2, kiri R1, L1, R2, L2
Huru-hara
L2, kanan, L1, segitiga, kanan, kanan, R1, L1, kanan, L1, L1, L1
Geng berkuasa
L2, atas, R1, R1, kiri, R1, R1, R2, kanan, bawah
Nyepi
X, bawah, atas, R2, bawah, segitiga, L1, segitiga, kiri
Badai pasir
atas, bawah, L1, L1, L2, L2, L1, L2, R1, R2
Kabut
R2, X, L1, L1, L2, L2, L2, X
Hujan badai
R2, X, L1, L1, L2, L2, L2, bulat
Cuaca cerah
R2, x, L1, L1, L2, L2, L2, kotak

Nafas di Air
bawah,kiri,L1,bawah,bawah,R2,bawah,L2,bawah

Kiamat

L2,kanan,L1,segitiga,kanan,kanan,R1,L1,kanan,L1,L1,L1

tempat proyek papa

kmaren diajak papa ke tmpat proyeknya,
gedung pgri..
nah,dsitu ad pkerjaan mmbuat gedung tmpat nginap org yg platihan guru dsana..
bgus tmpatnya ! ya iyalah..
papa gtu loh !
ayahku ayah juara satu didunia ! *kmaren nnton sang pemimpi

nah,
dr situ, kta bsa liat bbrapa tmpat seperti..


Mal SKA

Eka Hospital


ahahaha..
smoga proyeknya cpet slesai ya..
:)
:)

maaf !!

ya allah..
trimakasih..
akhirnya smpat posting jga,
jadwal liburan padat bner sih !!
okeokeoke

abay !!
let's do it !!

Selasa, 29 Desember 2009

Udah LAMA BANGET kagak posting !!

Aduuuuh..
Maaf
Maaf
Maaf
Maaf

Udah brtahun2 kgak posting *layoloo

Ahaa..
Sbuk bgt ni, jdwal lburan padat amat..
Bsok mw posting ah..
Okeokeoke??
Tunggu yaaaah

Sabtu, 19 Desember 2009

Akhrnya...

Stelah brharap..
Mnunggu..
Brdoa..
Akhrnya..

Akhrnya..

Sndal coklat abay ktemu !!!

Thx god....
:)

Kamis, 17 Desember 2009

ANDAI...

andaikan sendal tu ga dipake tadi...
pasti ga akan hilang...
:(
:(

deeh.. kesal kali !!

siapa lah yg makek??

ma.. kok ndak ad kabar??
ada ndak sndalnya??

MY WISH

SENDAL COKLAT YANG HILANG KETEMU..
AMIIN..
SENDAL COKLAT YANG HILANG KETEMU..
AMIIN..
SENDAL COKLAT YANG HILANG KETEMU..
AMIIN..
SENDAL COKLAT YANG HILANG KETEMU..
AMIIN..
SENDAL COKLAT YANG HILANG KETEMU..
AMIIN..
SENDAL COKLAT YANG HILANG KETEMU..
AMIIN..
SENDAL COKLAT YANG HILANG KETEMU..
AMIIN..
SENDAL COKLAT YANG HILANG KETEMU..
AMIIN..
SENDAL COKLAT YANG HILANG KETEMU..
AMIIN..
SENDAL COKLAT YANG HILANG KETEMU..
AMIIN..
SENDAL COKLAT YANG HILANG KETEMU..
AMIIN..
SENDAL COKLAT YANG HILANG KETEMU..
AMIIN..
SENDAL COKLAT YANG HILANG KETEMU..
AMIIN..
SENDAL COKLAT YANG HILANG KETEMU..
AMIIN..
SENDAL COKLAT YANG HILANG KETEMU..
AMIIN..
SENDAL COKLAT YANG HILANG KETEMU..
AMIIN..
SENDAL COKLAT YANG HILANG KETEMU..
AMIIN..
SENDAL COKLAT YANG HILANG KETEMU..
AMIIN..
SENDAL COKLAT YANG HILANG KETEMU..
AMIIN..
SENDAL COKLAT YANG HILANG KETEMU..
AMIIN..
SENDAL COKLAT YANG HILANG KETEMU..
AMIIN..
SENDAL COKLAT YANG HILANG KETEMU..
AMIIN..
SENDAL COKLAT YANG HILANG KETEMU..
AMIIN..
SENDAL COKLAT YANG HILANG KETEMU..
AMIIN..

MAKASIH BANGET YA BUAT YANG UDAH MAKEK SENDAL ABAY.

Tdi abis plg skolah,
Mama lgsung bw ke tmpat sodara yg mw ad acara, jd lgsung gnti bju, pke sndal rumah..*wrna coklat td tweet sblum prgi "tba2 jd ska wrna coklat"
Trus smpe dsana, lgsung naek ke atas, online..
Udah mw plg dipanggil adek, turun kbawah, nyari2 sndal.. Ga ad ktemu..
Blg ke mama, "ma.. Sndal abg ilang", "dmana trakhir abg tarok?", "dibelakang".. Abis tu mama blg ama papa, abg mama, dan istri abg mama "sendal akbar ilang..", "wrna apa sndalnya?","coklat","ntah siapa yg makek, kta tak tau jga..", ga tw do dmana sndalnya, "kyakmna abg plg ma?","ya tpaksa kaki ayamlah", pulang lah kaki ayam, naek honda kaki ayam !
Smpe drumah cuci kaki yg shitam2nya.
ka
Dsuruh makan, ga mw, sdih kali krn sndal tu, nangis..

4 Bahasa yang paling susah penulisannya.


1. Bahasa Mandarin:
Bahasa Mandarin (Tradisional: 北方話, Sederhana: 北方话, Hanyu Pinyin: Běifānghuà, harafiah: "bahasa percakapan Utara" atau 北方方言 Hanyu Pinyin: Běifāng Fāngyán, harafiah: "dialek Utara") adalah dialek Bahasa Tionghoa yang dituturkan di sepanjang utara dan barat daya Republik Rakyat Cina. Kata "Mandarin", dalam bahasa Inggris (dan mungkin juga Indonesia), digunakan untuk menerjemahkan beberapa istilah Cina yang berbeda yang merujuk kepada kategori-kategori bahasa Cina lisan.
Dalam pengertian yang sempit, Mandarin berarti Putonghua 普通话 dan Guoyu 國語 yang merupakan dua bahasa standar yang hampir sama yang didasarkan pada bahasa lisan Beifanghua* (lihat di bawah). Putonghua adalah bahasa resmi Cina dan Guoyu adalah bahasa resmi Taiwan. Putonghua - yang biasanya malah dipanggil Huayu - juga adalah salah satu dari empat bahasa resmi Singapura.

Dalam pengertian yang luas, Mandarin berarti Beifanghua (secara harafiah berarti "bahasa percakapan Utara"), yang merupakan sebuah kategori yang luas yang mencakup beragam jenis dialek percakapan yang digunakan sebagai bahasa lokal di sebagian besar bagian utara dan barat daya Cina, dan menjadi dasar bagi Putonghua dan Guoyu. Beifanghua mempunyai lebih banyak penutur daripada bahasa apapun yang lainnya dan terdiri dari banyak jenis termasuk versi-versi yang sama sekali tidak dapat dimengerti.
Seperti ragam-ragam bahasa Cina lainnya, ada banyak orang yang berpendapat bahwa bahasa Mandarin itu merupakan semacam dialek, bukan bahasa.
Contoh huruf mandarin:您好嗎 (apa kabar)

2. Bahasa Korea:
Bahasa Korea (한국어/한국말) adalah bahasa yang paling luas digunakan di Korea, dan merupakan bahasa resmi Korea Selatan dan Korea Utara. Bahasa ini juga dituturkan secara luas di Yanbian di Cina timur laut. Secara keseluruhan terdapat sekitar 78 juta penutur bahasa Korea di seluruh dunia termasuk kelompok-kelompok besar di Uni Soviet, AS, Kanada dan Jepang. Klasifikasi resmi bahasa Korea masih belum disetujui secara universal, namun dianggap oleh banyak orang sebagai bahasa isolat. Beberapa ahli bahasa memasukkannya ke dalam kelompok bahasa Altaik. Bahasa Korea juga banyak mirip dengan bahasa Jepang yang status kekerabatannya juga kurang jelas.
Sistem penulisan bahasa Korea yang asli — disebut Hangul — merupakan sistem yang silabik dan fonetik. Aksara-aksara Sino-Korea (Hanja) juga digunakan untuk menulis bahasa Korea. Walaupun kata-kata yang paling umum digunakan merupakan Hangul, lebih dari 70% kosakata bahasa Korea terdiri dari kata-kata yang dibentuk dari Hanja atau diambil dari bahasa Mandarin.
Contoh Huruf Korea : 어떻게 지내세요 (apa kabar)

3. Bahasa Arab:
Bahasa Arab (اللغة العربية al-lughah al-‘Arabīyyah), atau secara mudahnya Arab (عربي ‘Arabī), adalah sebuah bahasa Semitik yang muncul dari daerah yang sekarang termasuk wilayah Arab Saudi. Bahasa ini adalah sebuah bahasa yang terbesar dari segi jumlah penutur dalam keluarga bahasa Semitik. Bahasa ini berkerabat dekat dengan bahasa Ibrani dan bahasa Aram. Bahasa Arab Modern telah diklasifikasikan sebagai satu makrobahasa dengan 27 sub-bahasa dalam ISO 639-3. Bahasa-bahasa ini dituturkan di seluruh Dunia Arab, sedangkan Bahasa Arab Baku diketahui di seluruh Dunia Islam.
Bahasa Arab Modern berasal dari Bahasa Arab Klasik yang telah menjadi bahasa kesusasteraan dan bahasa liturgi Islam sejak lebih kurang abad ke-6. Abjad Arab ditulis dari kanan ke kiri.
Bahasa Arab telah memberi banyak kosakata kepada bahasa lain dari dunia Islam, sama seperti peranan Latin kepada kebanyakan bahasa Eropa. Semasa Abad Pertengahan bahasa Arab juga merupakan alat utama budaya, terutamanya dalam sains, matematik adan filsafah, yang menyebabkan banyak bahasa Eropa turut meminjam banyak kosakata dari bahasa Arab.
Contoh huruf Arab : كيف حالك (apa kabar)

4. Bahasa Jepang:
Bahasa Jepang (日本語; romaji: Nihongo) merupakan bahasa resmi di Jepang dan jumlah penutur 127 juta jiwa.
Bahasa Jepang juga digunakan oleh sejumlah penduduk negara yang pernah ditaklukkannya seperti Korea dan Republik Cina. Ia juga dapat didengarkan di Amerika Serikat (California dan Hawaii) dan Brasil akibat emigrasi orang Jepang ke sana. Namun keturunan mereka yang disebut nisei (二世, generasi kedua), tidak lagi fasih dalam bahasa tersebut.
Bahasa Jepang terbagi kepada dua bentuk yaitu Hyoujungo (標準語), pertuturan standar, dan Kyoutsugo (共通語), pertuturan umum. Hyoujungo adalah bentuk yang diajarkan di sekolah dan digunakan di televisi dan segala perhubungan resmi.
Contoh Huruf Jepang : お元気ですか (apa kabar)

*menurut abay kalo bhasa jepang slain kanji mah masih bsa dtulis..
scara..anak JC(japanese club)
kalo nama abay versiJepangnya..

アバイ *baca ABAI


sumber : terselubung

Uang Rp.1000 bakalan muncul lagi..

Setelah menerbitkan uang baru Rp 2.000 sebanyak 720 juta lembar atau setara Rp 1,4 triliun pada pertengahan tahun ini, Bank Indonesia (BI) merencanakan kembali penerbitan uang logam baru dengan nilai nominal Rp 1.000.

Yopie Alimudin, Deputi Direktur Peredaran Uang BI, mengatakan, bank sentral akan mencetak 800 juta keping uang logam baru Rp 1.000 dengan total nilai Rp 800 miliar. "Berdasarkan Rapat Dewan Gubernur BI, rencana peluncuran bulan Februari 2010," kata Yopie kepada Kontan, Selasa (15/12/2009).

Rencananya, dua sisi uang logam baru itu akan menampilkan gambar ikon yang menjadi ciri khas Provinsi Jawa Barat, yakni alat musik angklung dan Gedung Sate. "Dua ikon itu sangat kuat mewakili kebudayaan Jawa Barat yang menjadi bagian dari kebudayaan nasional," kata Yopie.

Adapun material dan ukurannya tidak berbeda dengan uang logam Rp 1.000 yang beredar saat ini. Yopie menambahkan, uang logam baru yang akan diterbitkan BI itu akan menambah jumlah uang yang diedarkan (UYD) di pasar.

BI mencatat, per November 2009 lalu, nilai uang yang beredar mencapai Rp 257,46 triliun. Menjelang akhir tahun nanti, BI memperkirakan jumlah UYD bertambah menjadi Rp 285,5 triliun. Peningkatan uang beredar itu mengikuti kebutuhan uang tunai menjelang Natal dan Tahun Baru.

Per akhir November 2009, persediaan uang BI sebesar Rp 136 triliun. Itu adalah total nilai uang yang telah dicetak BI, yang terdiri dari uang pecahan senilai Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, dan Rp 5.000. Sisanya, uang kertas Rp 2.000 dan uang logam Rp 1.000.

Perinciannya, 411 juta lembar nominal Rp 100.000 senilai Rp 41,1 triliun dan 1.554 juta lembar nominal Rp 50.000 senilai Rp 77,7 triliun. Lalu pecahan Rp 20.000 dan Rp 10.000 masing-masing 460 juta dan 340 juta lembar senilai Rp 9,2 triliun dan Rp 3,4 triliun.

Sisanya, uang nominal Rp 5.000 sebanyak 480 juta lembar senilai Rp 2,4 triliun, dan uang nominal Rp 2.000 sebanyak 720 juta lembar senilai Rp 1,4 triliun. Sisanya uang logam Rp 1.000 dan Rp 500 senilai Rp 0,2 triliun.

sumber : terselubung

cinta "MONYET" terhadap "AYAM"


Lumajang - Cinta ternyata milik siapa saja. Perasaan mencintai dan dicintai ternyata tak hanya milik manusia antar manusia. Binatang atau hewan pun ternyata bisa jatuh cinta.

Seperti yang terjadi di Desa/Kecamatan Pasirian, Lumajang. Monyet dan ayam betina menjalin percintaan. Percintaan antara kedua jenis binatang yang berbeda ini tampak mesra. Sang monyet terlihat memeluk dan mencium ayam kampung kesayangannya.

Kisah cinta unik antara monyet dan ayam kampung dengan bulu hitam ini menurut pemiliknya terjadi setahun lalu. "Kejadian unik ini terjadi sekitar satu tahunan mas," kata Pemilik Monyet dan Ayam, Ali Murtadi (40) ditemui di rumahnya kepada detiksurabaya.com, Selasa (15/12/2009).

Menurut Ali, monyet miliknya didapat dari kawasan lereng Gunung Semeru di Kecamatan Senduro setahun lalu. Monyet itu dipelihara dan dibuatkan kandang di bawah pohon mangga dekat rumahnya. Awalnya, monyet itu liar namun setelah sebulan dirawat, monyet pun jinak dan bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Bahkan dengan ayam peliharaannya.

"Saya kaget melihat ayam milik saya sering tidur bersama monyet. Tapi sampai sekarang tidak ada masalah," tuturnya.

Pantauan detiksurabaya.com, sang monyet terkadang memperlihatkan kebolehannya menari. Monyet itu bergoyang-goyang dan membuat ayam betina mendatanginya. Seperti layaknya sepasang kekasih, ketika ayam datang, sang monyet langsung menyambut dengan pelukan dan ciuman mesra.

Aksi dari kedua binatang berbeda jenis ini mendapat perhatian masyarakat. Mereka berbondong-bondong menyaksikan 'percintaan' kedua binatang itu. Saat kedua binatang itu menunjukkan kemesraan, warga yang menonton tertawa.

"Saya tahu ada monyet 'nikah' dengan ayam dari mulut ke mulut," tutur Suhartono (50) warga Desa Tempeh Tengah, Kecamatan Tempeh yang datang bersama istri dan anaknya karena penasaran.

sumber : terselubung

hari sabtu ujian terakhir !

SETELAH BERHARI - HARI UJIAN,
AKHIRNYA TINGGAL SATU HARI LAGI..

alhamdulillah...

bisa ngepost lagi...

pkoknya, dlm ujian kali ini jngan smpe ada yang remed dah..
mw lburan cuuiii..
ahahahaha
moga2 SATU KELAS ga ad remed FISIKA.. *amiiiin
moga2 SATU KELAS ga ad remed GEO..*amiiiin
moga2 SATU KELAS ga ad remed JEPANG.. *amiiiin
moga2 SATU KELAS ga ad remed PK.. *amiiiin

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Popular Post